10 PITUTUR SUNAN KALIJAGA

Sunan Kalijaga merupakan salah satu sosok yang berjasa bakal penyebaran agama Islam di nusantara lebih-lebih di tanah Jawa. 

Sunan Kalijaga merupakan salah satu berasal dari Wali Songo yang termasyur di nusantara, karena kealiman dan kepiawaiannya didalam menyebarkan agama Islam bersama dengan damai melalui jalan tradisi dan kebudayaan. 

Sunan Kalijogo merupakan sosok yang keluar tidak serupa berasal dari wali yang lainnya, keluar karena tradisi berbusana yang khas serba hitam dan kenakan blangkon khas tradisi Jawa, dikutip berasal dari informazone.com (19/02/17). Terutama ilmu Agama Islam, Beliau pernah berguru kepada Sunan Bonang, Sunan Gunung Jati, dan Sunan Ampel. 

Berikut ini ada 10 filosofi Jawa yang diajarkan oleh Kanjeng Sunan Kalijaga, mari kami ulas satu-satu.

1. Urip iku urup yang artinya hidup itu harus menyala yang artinya hidup itu harus berfaedah bagi orang lain.

sewarga.com
2. Memayu hayuning bawono,ambrasto dur angkoro yang artinya manusia hidup di dunia harus sanggup mengusahakan kesejahteraan, keselamatan dan kebahagian bagi orang lain bersama dengan menghilangkan sifat serakah, dengki dan iri hati.


krjogya.com
3. Suro diro jayaningrat, lebur dening pangastuti yang artinya segala perilaku keras hati, tamak, picik cuma sanggup dikalahkan bersama dengan sikap lemah lembut, bijak dan sabar.


yasdwipura.web.id
4. Ngeluruk tanpo bolo, menang tanpo ngasorke, sekti tanpo aji-aji, sugih tanpo bondho yang artinya berjuang tanpa harus membawa masa, menang tanpa mempermalukan, berwibawa tanpa mengandalkan kekuatan, kaya tanpa didasari kebendaan.


muslimoderat.net
5. Datan serik lamun ketaman, datan ada masalah lamun kelangan yang artinya jangan sakit hati dikala ditimba musibah, jangan sedih di pas kehilangan sesuatu.


soendoel.blogspot.com
6. Ojo gumunan, ojo kagetan, ojo getunan, ojo aleman yang artinya jangan gampang terheran-heran, jangan gampang terkejut, jangan gampang menyesal, jangan sangat manja.


twitter @museumbasoekiabdullah
7. Ojo ketungkul marang kalungguhan, kadonyan lan kamareman yang artinya jangan sangat obsesi dan terkungkung oleh keinginan untuk memperolah kebendaan, kedudukan dan kepuasan duniawi.


pintaram.com
8. Ojo kuminter mundak keblinger, ojo cidra mundak cilaka yang artinya jangan jadi pandai sehingga tidak salah arah, jangan berbuat curang sehingga tidak celaka.


jawakalasenja.blogspot.com
9. Ojo punya barang kang melok, ojo mangro mundak kendo yang artinya jangan gampang tergiur bersama dengan hal yang terlihat cantik, mewah dan mahal. Jangan berfikir mendua sehingga niatan dan stimulan tidak kendur.


hipwe.com
10. Ojo adigang, adigung, adiguno yang artinya jangan sok berkuasa, sok besar dan sok sakti.