Tak Disangka! Ternyata Tanaman ini Memiliki Sejuta Manfaat

Tak Disangka! Ternyata Tanaman ini Memiliki Sejuta Manfaat 

Hampir seluruh jenis tumbuhan di Indonesia mempunyai kandungan manfaat untuk kesehatan dan pun kehidupan. Seperti halnya tumbuhan rebung yang tidak sedikit di jumpai di semua penjuru negeri ini.

Rebung adalah tunas bambu muda yang terbit dari dalam tanah, dan berasal dari akar bambu. Di distrik Asia terutama Indonesia, rebung tidak jarang di jadikan masakan dalam kehidupan sehari-hari. Karena mempunyai rasa yang tidak banyak manis dan tekstur yang renyah, tumbuhan ini tidak sedikit di gandrungi oleh beberapa masyarakat kita.

Selain bisa di konsumsi ternyata tumbuhan yang satu ini mempunyai kandungan alami laksana vitamin A, B6, E, niasin, folat, riboflavin, tiamin, dan asam pantotenat.

Di samping itu, rebung pun diperkaya dengan sekian banyak  macam mineral laksana selenium, kalium, magnesium, natrium, kalsium, fosfor, seng, mangan, besi dan tembaga. Komposisi kimia rebung mentah per 100 gram terdiri dari protein 2,6 %, lemak 0,3 %, karbohidrat 5,2 %, dan air 91 %.

Referensi pihak ketiga
Berikut sejumlah manfaat rebung untuk kesehatan, diantaranya:

1. Menurunkan kadar kolesterol
Manfaat rebung yang kesatu ialah kemampuannya menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Kandungan fitonutrien dan fitosterol yang terdapat di dalam rebung bisa menurunkan kadar lemak buruk yang terdapat di dalam darah. Menurunnya kadar LDL pada kesudahannya akan mengawal kesehatan jantung. Di samping itu, khasiat rebung lainnya ialah menjaga kadar glukosa tetap stabil.

2. Menurunkan risiko kanker
Risiko terpapar kanker di drainase pencernaan dapat berkurang bilamana Anda teratur mengonsumsi santap berserat. Kandungan serat yang tinggi pada rebung dapat mengurangi resiko tersebut.

Dalam usus, serat bisa bermanfaat sebagai ‘sikat’ yang dapat menyingkirkan sekian banyak  zat pengotor sekaligus menyingkirkan zat pemicu kanker. Sedangkan senyawa asam fenolik dalam rebung dapat menyerahkan perlindungan antioksidan terhadap penyakit jantung dan kanker.

3. Menurunkan berat badan
Karena rebung ialah salah satu makanan yang tidak jarang dioleh menjadi sayur, untuk Anda yang sedang menjalan program diet, mengonsumsi rebung ialah pilihan yang terbaik.

Manfaat sayur rebung dengan kandungan serat yang tinggi dan kadar lemak serta kalori yang pun rendah, menciptakan rebung baik dikonsumsi untuk Anda yang hendak menurunkan berat badan. Selain menolong menurunkan berat badan, rebung juga dapat memperlancar buang air besar sekaligus menyehatkan usus.

Kandungan serat pada rebung akan menciptakan perut terasa kenyang sampai nafsu santap mudah dikendalikan. Manfaat rebung dalam menunjang program diet alami bakal efektif sebab rebung berisi gula dan lemak yang rendah. Dalam 100 gram rebung berisi gula selama 2,5 gram dan 0,49 gram lemak.

4. Menjaga situasi sel-sel dalam tubuh
Manfaat rebung berikutnya ialah menjaga kesehatan sel-sel di dalam tubuh. Hal ini disebabkan kandungan protein pada rebung bermanfaat menjaga situasi sel supaya bisa bermanfaat dengan baik.

5. Membantu pengobatan luka
Sebuah riset mengungkapkan, guna rebung ialah membantu pengobatan luka dan bisul. Di samping itu, rebung juga dapat dijadikan obat guna penyakit cacingan dan menanggulangi rasa sakit perut.

6. Mengatasi peradangan
Manfaat rebung yang tidak sedikit orang tidak sadari ialah kemampuannya menanggulangi peradangan. Kandungan anti-inflamasi yang ada pada rebung bisa menurunkan risiko Anda merasakan peradangan.

Kandungan asam fenolik pada rebung ialah komponen terkuat yang berkontribusi membuat guna rebung sebagai makananan anti-inflamasi yang baik. Di samping sebagai anti radang, khasiat rebung lainnya ialah mencegah terjadinya tukak lambung.

Bagi kita yang mempunyai masalah tertentu laksana dan asam urat, reumatik dan sklerosis di mana terbentuk inflamasi pada tubuh tanpa sehubungan dengan infeksi, konsumsi rebung ialah pilihan yang tepat.


Referensi pihak ketiga
7. Menurunkan risiko stroke
Kandungan kalium pada rebung yang lumayan tinggi yaitu 533 mg per 10 gramnya, menciptakan rebung dapat mengontrol desakan darah di dalam tubuh. Makanan dengan kadar kalium paling tidak 400 mg diandalkan  dapat menolong mengontrol desakan darah.

Tekanan darah yang terkontrol maka risiko terpapar stroke dapat berkurang. Seseorang yang menderita stroke seringkali mengalami defisiensi kalium.

8. Mengatasi batu ginjal
Manfaat rebung bambu kuning yang tidak sedikit orang tidak sangka ialah kemampuannya menanggulangi batu ginjal. Mengonsumsi rebung bambu kuning diandalkan  dapat menanggulangi batu ginjal. Nutrisi utama yang terdapat di dalamnya laksana asam amino, protein, lemak, garam dan gula.

Di samping itu, serat pangan yang terdapat di dalam rebung adalahsenyawa yang berbentuk karbohidrat kompleks. Meski tidak dapat dicerna dan diserap oleh drainase pencernaan, serat pangan memiliki faedah untuk mengawal kesehatan tubuh dari serangan sekian banyak  jenis penyakit.

9. Menjaga kesehatan kulit
Kandungan vitamin C dan E yang paling tinggi dalam rebung diperbanyak dengan antioksidan dan sejumlah asam amino, menciptakan rebung dapat mencegah kehancuran pada kulit yang tidak jarang kali terjadi dampak paparan radikal bebas. Agar kesehatan kulit kita tetap terjaga, di antara langkah dapat dilakukan ialah mengonsumsi rebung.

10. Melawan sekian banyak  macam penyakit
Kandungan vitamin, antioksidan, mineral dan serat dalam rebung bermanfaat untuk menambah sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit. Meski kurangnya serat dalam tubuh tidak menunjukkan fenomena yang spesifik, tetapi asupan serat tetap mesti dipenuhi supaya metabolisme tubuh bekerja dengan baik.

Beberapa penelitian mengejar bahwa kelemahan serat dapat mengakibatkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah, kanker kolon (usus besar), jantung koroner dan diabetes melitus.