Ratusan Ikan Sapu-Sapu Terdampar di Sungai Cileungsi Diduga Karena Ini

Diduga Keracunan Limbah, Ratusan Ikan Sapu-Sapu Mati di Sungai Cileungsi 

ikan sapu-sapu. 
Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya mengejar ratusan ikan sapu-sapu mati dan tengah sekarat di bantaran Sungai Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, saat mengerjakan inspeksi seketika (sidak) perusakan air sungai, Selasa (27/8).

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya, Teguh P Nugroho mengasumsikan ratusan ikan mati yang ia temukan di sekitaran Jembatan Pocong perbatasan Bekasi-Bogor, tepatnya di Desa Narogong, Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor itu dampak keracunan limbah pabrik.

"Ratusan ikan sapu-sapu mati dan masih segar, yang megap-megap tidak sedikit banget. Kami bareng salah satu berpengalaman lingkungan guna ikut sidak," ujarnya untuk ANTARA di Bogor usai sidak.

Menurutnya, sidak itu adalahmonitoring Ombudsman RI atas jawaban Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor berhubungan Laporan Akhir Hasil Pemeriksaan (LAHP) bersangkutan perusakan air di Sungai Cileungsi.

Sebelumnya, Bupati Bogor Ade Yasin menakut-nakuti akan memblokir perusahaan-perusahaan pencemar Sungai Cileungsi, andai tidak pun jera atas ganjaran tindakannya mencemari Sungai Cileungsi dengan limbah.

"Karena tidak terdapat efek jera saat ada perusahaan yang melemparkan limbah, sebenarnya dia telah diproses, diperingati sebagainya, lebih baik bila tidak kapok tutup saja," ucapnya, menegaskan.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor telah berulang kali mengingatkan perusahaan-perusahaan yang sedang di tepian Sungai Cileungsi itu supaya tidak langsung melemparkan limbahnya ke sungai. Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut menuliskan bahwa sejumlah perusahaan telah dikenakan hukuman.

"Sudah diperingati berkali-kali, bahkan ada sejumlah perusahaan yang diadukan dan lantas diadili," kata Ade Yasin seperti dikabarkan Antara.