Inilah yang Dibangun Pengembang Besar di Ibu Kota Baru Kalimantan Timur

Pindahnya Ibu Kota baru ke distrik Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kertanegara menjadi momentum untuk semua pengembang. Mereka melebarkan bisnisnya di distrik Ibu Kota baru.

Namun jauh sebelum diberitahukan Ibu Kota pindah ke Kalimantan Timur, sejumlah pengembang properti ternama di Tanah Air telah terlebih dahulu menegakkan bisnisnya di area Kalimantan Timur.

Berikut ini yang dibangun semua pengembang Tanah Air di area Kalimantan Timur:

1 dari 4 halaman
Agung Podomoro

PT Agung Podomoro Land Tbk. (APLN) mempunyai proyek hunian di Kalimantan Timur, yaitu Borneo Bay City. Perizinan dari pihak Agung Podomoro Land untuk area Borneo Bay City ini telah ada semenjak 2013 silam, dan pembangunan pun sudah dilaksanakan di tahun 2013 tersebut.

Marketing Representative Agung Podomoro Land, Edy mengatakan, guna luas lahan Borneo Bay City akan memakai sebesar 48 Hektare (Ha). Namun, yang terpakai ketika ini baru 8 Ha guna wilayah apartemen yang telah siap huni. Lokasi Borneo Bay City ini berada salah satu Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara.

"Agung Podomoro telah duluan dan masuk di zona tiga dan total lahannya 48 hektare. Yang kini sudah di bangun ini 8 hektare. Kalau guna apartemen, anda sudah berlalu bangun. Sekarang sedang masuk proyek pembangunan yang kedua, yakni miniaturnya Ancol atau taman bermain. Tujuan anda ini inginkan membangun area wisata," ujar Edy ketika dihubungi oleh Merdeka.com, Selasa (27/8).

Dia menambahkan, total unit apartemen yang tersedia sejumlah 2.280 unit dan telah terjual sejumlah 80 persen. Di mana pembeli terbanyak didominasi oleh masyarakat Kalimantan Timur. Sementara dari luar Kalimantan, masyarakat Jakarta dan Surabaya menjadi donatur pembeli unit apartemen terbesar.

Harga properti yang dipasarkan mulai dari Rp700 juta, tetapi pihak pengembang akan mendongkrak harga sebesar 5 persen per 1 September 2019 mendatang. Nantinya, area ini tidak melulu untuk apartemen. Agung Podomoro Land bakal mengembangkan pembangunan menjadi tiga buah mall, satu hotel Pullman, dan area wisata.

"Borneo Bay City ini laksana Central Park Jakarta. Apa yang terdapat di Central Park itu, nanti terdapat di sini. Bedanya, anda di pinggir laut, bila Central Park di kota. Nanti kita pun ada jestski. Secara kemudahan kaya pantai mutiara," ucap Edy.

2 dari 4 halaman
Ciputra Group

Kemudian Ciputra Group sudah memiliki sejumlah properti di distrik Kalimantan. Ciputra Group tercatat memiliki 6 properti real estate, yakni Citra Bukit Indah Balikpapan, kompleks ini di bina pada 2008 di atas lahan seluas 21 Hektare (Ha). Luas tanah setiap lokasi tinggal ini dibuka dari 160m2 hingga 200m2.

Selanjutnya CitraCity Balikpapan, sebuah area hunian dengan luas tanah 20 Hektare (Ha) yang berintegrasi menjadi hunian dengan lokasi hiburan dan komersial (ruko), apartemen, hotel, dan cluster.

Citra Garden Angsana Samarinda, di antara pemukiman yang di bina di atas lahan seluas 100 Hektare (Ha). Kawasan ini menjadi hunian yang lengkap sebab terdapat kemudahan pendidikan, publik, dan komersial. Kawasan ini pun terletak salah satu Balikpapan dan Kutai Kartanegara sampai-sampai ini akan berdampingan dengan tempat ibu kota yang baru nantinya.

Ada pun Citra Grand Senyiur City Samarinda. Sebuah hunian kota berdikari terbesar. Kawasan ini di bina di atas lahan sebesar 400 Hektare (Ha) dengan kemudahan hunian terlengkap. Di antaranya ialah office tower, central business district, mall, ruko, sekolah, lokasi tinggal sakit, perumahan, apartemen, dan waterpark.

Citra Land City Samarinda, sebuah area perumahan yang dilengkapi dengan lokasi komersil, pusat perbelanjaan, sekolah, empang renang, dan lapangan golf yang di bina di atas lahan seluas 33 Hektare (Ha) dan bakal diperluas sampai 92 Ha.

3 dari 4 halaman
PP Properti

PP Properti pun mempunyai properti yang berdiri di Kalimantan Timur. Berdasarkan website resmi, PP Properti mempunyai hotel, Swiss-Belhotel Balikpapan. Hotel ini ialah hotel bintang 4 yang menyediakan sekian banyak  macam kemudahan dan layanan dengan kualitas terbaik.

Terletak di pusat bisnis dan pemerintahan Balikpapan, Swiss-Belhotel Balikpapan melulu berjarak 15 menit dari Bandara Internasional Sepinggan. Dilengkapi dengan 255 kamar.

PP Properti pun mempunyai pusat pembelanjaan, mempunyai nama Balikpapan Ocean Square. Balikpapan Ocean Square menawarkan empiris gaya hidup dan hiburan yang dilengkapi dengan pemandangan laut. Terletak di tempat strategis di Jalan Sudirman dan terletak di lokasi yang sama dengan Swiss-Belhotel Balikpapan.

4 dari 4 halaman
Cowell Development

PT Cowell Development Tbk pun mempunyai properti di area Kalimantan Timur. Borneo Paradiso, komplek kompleks di Balikpapan yang terdiri dari sejumlah cluster dengan 1.000-2.000 unit.

Mencakup lokasi seluas 120 hektar, komplek dibangun guna gaya hidup ruang belajar menengah atas dan mengakomodasi keselarasan sosial dan kehidupan bertetangga. Borneo Paradiso bertempat strategis melulu 3 km dari Bandara Sepinggan.

Komplek kompleks dikembangkan di bawah kemitraan antara PT Cowell Development dan PT Karya Agung Putra Indonesia. [has]

Baca juga:
Kemenhub Ingin Penggunaan Kendaraan Pribadi di Ibu Kota Baru Dibatasi
Menteri LHK Targetkan Kajian Pemindahan Ibu Kota Selesai November
Fraksi Gerindra DPRD DKI Sebut Pemindahan Ibu Kota Positif, Beban Jakarta Sudah Berat
RUU DKI Jadi Fokus Pemerintah dalam Pemindahan Ibu Kota
Menteri Basuki: Pertengahan Tahun Depan Kita Mulai Bangun Ibu Kota Baru