Bikin Trenyuh, Ibu Ini Menangis, Terpisah Dengan Anaknya Dijalan

Ibu 73 Tahun Dibuang Anaknya di Pinggir Jalan Bikin Trenyuh; Saya Tak Dendam, Pasrah Saja Sama Allah

Video Viral Ibu 73 Tahun Dibuang Anaknya di Pinggir Jalan Bikin Trenyuh: Saya Pasrah Sama Allah 
TRIBUNNEWS.COM - Sebuah video viral mendemonstrasikan seorang ibu berusia 73 tahun, Sumarni sudah ditelantarkan oleh anak kandungnya di jalan.

Dikutip dari akun Instagram @makassar_iinfo Selasa (5/3/2019), sang nenek ialah Sumarni ketika ini bermukim di suatu panti jompo.

Sumarni menyatakan proses penelantaran dirinya sampai tinggal di panti jompo. "Saya bermukim di panti ini sebab keluarga saya enggak inginkan (urus saya), jadi saya darurat tinggal di sini," kata Sumarni.

Sebelum bermukim di panti jompo, Sumarni ditinggalkan begitu saja oleh sang anak di pinggir jalan.

"Saya kan diletakkan di jalanan (sama anak)," kata Sumarni.

Berdasarkan keterangan dari Sumarni, anak kandungnya tersebut bahkan tidak perduli sama sekali dengan keselamatan Sumarni.

"Katanya gini, bila aku enggak terdapat yang ambil gimana? 'ya terserah', kata dia," cerah Sumarni.

"Kalau emak jadi peminta-minta gimana? 'ya terserah', jawabnya dia hanya begitu aja terus," lanjutnya.

Sumarni mengaku tak mau mengingat kejadian tersebut, lantaran bakal membuatnya menyimpan sakit hati.

"Kok tega gitu ya, orang tua ditinggal-tinggal, ya bila ingat tersebut ya saya sakit hati," kata Sumarni.
"Saya membesarkan, masih bayinya saya urus, giliran orang tua telah enggak dapat kok dilemparkan kayak gini ya," terangnya.

Meskipun sakit hati atas perbuatan sang anak, Sumarni menyatakan tidak menyimpan dendam pada anaknya itu.

"Saya enggak apa-apa enggak terdapat dendam enggak apa, yaudah saya pasrahkan aja sama Allah," kata Sumarni.

Sambil berlinang air mata, Sumarni terbata-bata menyatakan bahwa sang anak pun tidak bakal menemuinya, andai nantinya dirinya telah tiada.

"Walaupun saya mati juga enggak barangkali dia nengok, enggak tahu enggak mungkin," kata Sumarni.

Mengaku kecewa dengan sikap sang anak, Sumarni lantas memberikan nasihat supaya tidak mencontoh perbuatan anaknya itu.

"Ya mudah-mudahan tidak boleh sampai kayak ibu ya, sing kasih sayang sama orang tua ya nak ya," kata Sumarni dalam video itu.

"Soale orang tersebut enggak terbit dari batu, kalian tersebut keluar dari rahim orang tua," kata Sumarni.

Meskipun tak lagi diurus oleh anak kandungnya, dan mesti bermukim di panti jompo, Sumarni ternyata memiliki sebuah cita-cita di usianya yang telah senja.

Ia hendak pergi dan membayar ibadah haji.

Namun, ia menyatakan mengalami kendala, lantaran ongkos yang lumayan mahal.

Ditambah lagi, Sumarni ketika ini bermukim di panti jompo.

"Sekarang orang naik haji tersebut Rp 35 juta, kepingin namun gimana saya di panti," kata Sumarni.

"Sekarang naik haji Rp 35 juta," jelasnya.