Ada Yang Suka Makan Tempe Mentah? Inilah 5 Manfaatnya

Ada Yang Suka Makan Tempe Mentah? Inilah 5 Manfaatnya, No 4 Bagi Keperkasaan Pria


Tempe adalahsalah satu jenis makanan khas Indonesia yang tercipta dari hasil fermentasi biji kedelai dan bahan lainnya. Proses fermentasi ini sebenarnya dapat mengganti nilai gizi perumahan pada tempe menjadi lebih sederhana supaya lebih gampang diserap oleh tubuh.

Di samping itu, tempe pun adalahsalah satu sumber protein nabati yang mempunyai kandungan gizi nyaris sama dengan yogurt, antara beda protein, kalsium, fosfor, serat pangan, vitamin, karoten dan zat besi. Tak melulu itu, tempe pun berisi antibiotik dan antioksidan yang bermanfaat untuk menyembuhkan infeksi bahkan menangkal penyakit degeneratif, sebagaimana yang dikutip doktersehat.com (13/07/2019).


Referensi pihak ketiga
Seperti yang anda ketahui, tempe pada lazimnya dikonsumsi setelah melewati proses pemanasan, laksana digoreng, direbus, dikukus, dll. Lantas bagaimana dengan tempe mentah, apakah dapat dikonsumsi? Berdasarkan keterangan dari Sekjen Perhimpunan Ahli Gizi dan Pangan (Pergizi Pangan) Indonesia, Prof. Made Astawan mengungkapkan, tempe mentah sebetulnya lebih memiliki tidak sedikit manfaat bila dikomparasikan dengan tempe yang telah dimasak. Manfaat tempe bakal berkurang selama 10 - 20% andai dikukus, bahkan manfaatnya bakal berkurang sampai 50% andai direbus.

Untuk lebih jelasnya, berikut sejumlah manfaat tempe mentah sebagaimana yang dikutip manfaat.co.id (12/07/2019) :

1. Menyehatkan jantung

2. Mengobati insomnia

3. Mengobati sakit kepala

4. Meningkatkan keperkasaan pria

5. Menstabilkan hormon tiroid.

Meskipun tempe mentah lebih berfungsi jika dikomparasikan dengan tempe yang sudah diubah dengan teknik dimasak, tetapi Prof. Made menuliskan bahwa tempe mentah mestinya lebih diacuhkan kehigienisannya sebab dikhawatirkan telah terkontaminasi dengan bakteri. "Mengkonsumsi tempe dalam suasana mentah sebetulnya tidak mempunyai efek samping sama sekali asalkan tempe yang dimakan dalam suasana bersih dan bebas dari kontaminasi". Ujar Made.

Nah, itulah sejumlah manfaat tempe mentah untuk kesehatan. Jika terdapat yang tidak cukup jelas dalam penyampaian, silakan ditanyakan melewati kolom komentar yang terdapat di bawah.