WOW PENGANTIN JEBOL TEMBOK, SIMAK DEH CERITA SEBENARNYA

jadi, bila menurut keterangan dari salah satu netizen, urusan itu adalahadat turun temurun

Indonesia memegang predikat sebagai negara yang masih kental dengan tidak sedikit mitos, khususnya di wilayah Jawa. Ada tidak sedikit sekali keyakinan yang kadang tidak dapat dijelaskan secara ilmiah. Hal tersebut melulu warisan yang sudah diandalkan  turun temurun dari nenek moyang terdahulu.




Nah, sejumlah waktu kemudian viral sebuah potret pengantin perempuan yang menciptakan netizen bertanya sekaligus memandang urusan itu lucu. Betapa tidak, kalau seringkali mempelai perempuan bersanding dengan pria dan terbit melalui pintu depan rumah, pengantin ini tampak terbit dari tembok yang telah dijebol.


Pengantin terbit dari dalam tembok [Sumber gambar]
Melalui unggahan akun facebook Mas Doel, potret ini viral di seantero jagad media sosial. Berdasarkan informasi, urusan itu dilaksanakan pengantin perempuan lantaran ia diajak sang dukun terbit dari rumahnya melewati pintu timur. Namun, ternyata arahan dukun tersebut tak cocok dengan situasi rumahnya seperti dikutip dari okezone.com.
Pintu terbit sang pengantin sedang di sebelah barat, sementara ia mesti terbit dari pintu timur. Jadilah satu-satunya jalan ialah menjebol tembok sebagai alternative untuk dapat menampakkan diri untuk para tamu. Seperti terlihat di foto, sang pengantin dibimbing oleh dua orang melalui tembok yang telah bolong tersebut.


Foto ini telah direpost berkali-kali oleh sekian banyak  akun sosial media. Netizen enggan kalah pun mengomentari dan menyalurkan potret sang pengantin. Namun, walau terlihat mengenakan pakaian adat pernikahan Jawa, sekitar ini belum diketahui di mana peristiwa ini terjadi.

Ada tidak sedikit sekali komentar netizen, salah satunya ialah akun Twitter @zomblohappy. Ia menuliskan bahwa urusan itu mungkin sebab kewajiban adat, urusan ini dapat saja terjadi ketika tanggal lahir pria dan wanita tidak pas saat dianggarkan secara weton, dan memang tidak terdapat tanggal yang sesuai untuk pernikahan mereka, maka wanita tak boleh terbit melalui pintu depan.


Cerita dari netizen Twitter [Sumber gambar]
Sekilas barangkali ini memang persoalan kecil, namun dampaknya dapat membuat di antara pengantin mati muda. Uniknya, urusan ini melulu berlaku sekali saja, saat pernikahan tersebut dilangsungkan –seperti yang dilaksanakan pengantin di atas. Bagi ke depannya, mereka dapat keluar dari pintu depan seperti banyak sekali orang.
Netizen lain pun berkomentar andai di sejumlah daerah terdapat adat yang mewajibkan calon mempelai terbit melalui pintu belakang, dan urusan itu tak boleh dilanggar alias berlaku guna siapa saja.

Kadang memang terdapat adat yang agak ‘nyeleneh’ dan tidak dapat dijelaskan secara ilmiah. Hal ini bukan berarti mereka salah ya Sahabat Boombastis. Setiap warisan yang diturunkan dari leluhur tersebut kembalinya pada keyakinan masing-masing, andai memang tak pernah mengerjakan hal semacam tersebut tak butuh dijadikan masalah besar. Atau barangkali di sini terdapat yang merealisasikan adat serupa laksana pengantin perempuan di atas? Boleh dong share!